Harga Kepiting Bakau


Siapa yang tidak membiarkan diri mereka tergoda oleh kelezatan daging kepiting? Meskipun ada banyak jenis kepiting yang dapat ditemukan di pasaran, kepiting bakau adalah donna utama bagi sebagian besar pecinta makanan laut. Sebab, kepiting mangrove mengandung banyak daging dengan ukuran kepala yang besar. Harga kepiting mangrove bervariasi tergantung ukurannya.

Manfaat Kepiting mangrove

Kepiting mangrove dikenal dengan nama ilmiah Scylla spp sebagai salah satu sumber daya ikan yang menjadikan hutan mangrove sebagai habitatnya. Potensinya di Indonesia sangat besar, karena hewan ini tersebar luas dan ditemukan di hampir semua perairan Indonesia, terutama di perairan hutan bakau yang ditumbuhi tanaman.

Selain kemampuan untuk mendapatkannya melalui perburuan,  pembudidaya kepiting mangrove mendapatkan hewan tersebut melalui pertanian.  Kini  , banyak peternak kepiting mangrove  yang mencoba menanam hewan-hewan tersebut di lahan basah.   Selain kebutuhan  akan lahan basah, pembudidaya kepiting akan  memilih  lokasi yang  tidak jauh dari mangrove.   Sebagian besar  petani juga menempatkan moda ekspansi di kawasan mangrove.   Hal ini dilakukan agar tidak memeras kepiting mangrove dan mudah beradaptasi dengan media pembesarannya.

Ada dua jenis pakan, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan alami adalah makrozoobentosis, plankton dan hewan air, yang terletak di perairan pusat ekspansi. Sedangkan makanan buatan merupakan jenis makanan basah atau kering yang dapat bersumber dari pabrik atau buatan sendiri. Untuk makanan sintetis, petani kepiting biasanya memberikan potongan-potongan kecoak sawah, ikan cincang, dan lain-lain. Makanan diberikan sebagai pendamping pemberian makanan alami.


Agar mangrove memiliki kualitas dan  banyak daging, pembudidaya kepiting mengukur jumlah lemak dan protein dalam makanan.  Diet kepiting yang baik  adalah jenis makanan yang mengandung konsentrasi lemak, mineral, karbohidrat, dan protein yang seimbang.  Dengan jumlah makanan yang    tepat  dan  tidak kalah, kepiting mangrove mendapatkan nutrisi yang cukup dan  dapat dipanen dalam waktu singkat.

Kepiting dapat dipanen dalam waktu 3 hingga 4 bulan setelah periode zoom.   Kepiting siap panen ketika beratnya telah memenuhi standar permintaan pasar sebesar 500 gram.   Namun, ada juga petani yang baru saja memanen kepiting mangrove  ketika  beratnya mencapai 700 gram.   Semakin  besar dan berat kepiting,  semakin mahal harganya.

Kepiting bakau sebagai bahan makanan dikenal tidak hanya karena kelezatannya yang lezat, tetapi juga karena makanannya. Kepiting ini diperkaya dengan kandungan protein hewani, yang sangat baik untuk perkembangan otak dan memori. Selain itu, kepiting mangrove juga dipercaya dapat mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit neurologis.


Untuk menjaga kandungan  nutrisi   kepiting mangrove, Anda bisa mengolahnya dalam berbagai makanan. Banyak orang suka mentraktirnya menjadi kepiting goreng dengan saus padang wort yang lezat  .   Berikut langkah-langkah untuk memperlakukan kepiting mangrove dalam hidangan kepiting saus salad.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *